Struktur Pasar
Pasar persaingan sempurna adalah sebuah jenis
pasar dengan jumlah penjual dan pembeli yang sangat banyak dan produk yang
dijual bersifat homogen. Harga terbentuk melalui mekanisme pasar dan hasil
interaksi antara penawaran dan permintaan sehingga penjual dan pembeli di pasar
ini tidak dapat memengaruhi harga dan hanya berperan sebagai penerima harga
(price-taker). Barang dan jasa yang dijual di pasar ini bersifat homogen dan
tidak dapat dibedakan. Semua produk terlihat identik. Pembeli tidak dapat
membedakan apakah suatu barang berasal dari produsen A, produsen B, atau
produsen C? Oleh karena itu, promosi dengan iklan tidak akan memberikan
pengaruh terhadap penjualan produk.
Pasar monopoli Monopoli adalah suatu situasi dalam
pasar dimana hanya ada satu atau segelintir perusahaan yang menjual produk atau
komoditas tertentu yang tidak punya pengganti yang mirip dan ada hambatan bagi
perusahaan atau pengusaha lain untuk masuk dalam bidan industri atau bisnis
tersebut. Dengan kata lain, pasar dikuasai oleh satu atau segelintir perusahaan,
sementara pihak lain sulit masuk di dalamnya. Karena itu, hampir tidak
ada persaingan berarti.
Secara
umum, perusahaan monopoli menyandang dikonotasikan negatif dengan perolehan
keuntungan yang melebihi normal dan penawaran komoditas yang lebih sedikit bagi
masyarakat, meskipun dalam prakteknya tidak selalu demikian. Dalam ilmu ekonomi
dikatakan ada monopoli jika seluruh hasil industri diproduksi dan dijual oleh
satu perusahaan yang disebut monopolis atau perusahaan monopoli.
Pasar monopolistis
Pada pasar monopolistis suatu bandan usaha dapat mempengruhi harga
dari barang tersebut, dan harga yang ditingkatkan tersebut berasal dari
kualitas suatu produk yang dihasilkan. Dalam persaingan pasar juga memiliki
cir-ciri sebagai berikut :
a.
Tingkat aktifitas pasar tinggi, yang disebabkan oleh para pesaing baru yang
bebas keluar masuk pasar untuk melakukan promosi dalam penjualan barang atau
dalam bentuk jasa.
b.
Produsen bebas keluar masuk pasar, hal ini disebabkan mungkin karena kurangnya
minat ataupun sebaliknya dari pembeli.
c. Adanya
diferensiasi produk, adanya kesamaan dalam fungsi namun yang mebedakannya
hanyalah corak dan kemasannya
Pasar oligopoli
Pasar Oligopoli merupakan salah satu jenis dari pasar persaingan
tidak sempurna. Dimana pasar Oligopoli merupakan pasar yang hanya terdapat
beberapa perusahaan atau penjual yang memproduksi barang sejenis. Dalam pasar
Oligopoli, setiap perusahaan yang ada di dalamnya selalu bersaing.
Persaingannya bisa berupa persaingan harga atau persaingan produk. Untuk
persaingan harga, biasanya mereka akan menawarkan harga serendah mungkin atau
bahkan memberikan potongan haga maupun hadiah supaya para konsumen tertarik untuk
membeli produk meeka.
Istilah
Oligopoli berasal dari bahasa Yunani, yaitu: Oligos Polein yang berarti:
yang menjual sedikit. Hal ini disebabkan karena jumlah penjual dalam jenis
pasar Oligopoli memang tidak terlalu banyak. Paling tidak terdapat antara 10-15
penjual. Bahkan ada yang benar-benar hanya terdiri dari 2 penjual yang disebut
dengan pasar duopoli. Melihat sedikitnya jumlah penjual pada pasar Oligopoli,
persaingan yang terjadi di dalamnya sangatlah ketat. Sebuah perusahaan dalam
pasar oligopoli akan langsung melakukan reaksi bila perusahaan pesaingnya
melakukan tindakan yang mempengaruhi pasar.
Istilah
perang harga barangkali merupakan suatu hal yang biasa pada pasar oligopoli
ini. Adanya resiko yang cukup besar bila melakukan perang harga membuat beberaa
perusahaan memutuskan untuk melakukan kerjasama dalam penentuan harga. Sikap
cooperatif dalam menentukan harga ini akhirnya menggiring persaingan diantara
mereka dalam bentuk lain, yaitu persaingan non harga (non price competition).
Inilah yang mendasari dibedakannya bentuk pasar Oligopoli menjadi Oligopoli
ketat dan Ologopoli longgar.
Dari
sejumlah keterangan diatas, dapat disimpulkan bahwa karakteristik bentuk pasar
Oligopoli adalah sebagai berikut:
Hanya
terdapat sedikit penjual di pasar. Sehingga keputusan seorang penjual akan
mempengaruhi penjual yang lain. Efek reaksi tersebut pada gilirannya akan
menimbulkan reaksi balasan bagi pesaing - pesaingnya.
Produk-produk
dari perusahaan di pasar Oligopoli ini dapat distandarisasikan. Industri ini umunya
dijumpai pada industri yang menghasilakn bahan=bahan mentah, seperti industri
baja dan aluminium.
Terdapat
pembedaan produk/corak. Semakin besar tingkat diferensiasi produk maka produsen
semakin tidak tergantung pada aktivitas perusahaan - perusahaan lainnya.
Memungkinkan
perusahaan lain untuk masuk ke pasar, namun prosesnya tidak mudah karena
biasanya perusahaan besar memiliki skala ekonomis yang besar dalam melakukan
kegiatan produksinya.
Promosi
iklan sangat diperlukan untuk persaingan. Dengan adanya iklan diharapkan akan
menciptakan pembeli baru, namun yang terpenting adalah mempertahankan pembeli
lama.
Sumber :
http://himawanpras67.blogspot.com/2013/03/pendapatan-nasional.html
http://prita-puspa.blogspot.com/2012/06/perputaran-roda-perekonomian.html
http://menantikepastian.blogspot.com/2011/04/metode-penghitungan-pendapatan-nasional.html
http://ichaald.blogspot.com/2012/06/metode-perhitungan-pendapatan-
Tidak ada komentar:
Posting Komentar