Kamis, 25 Juni 2015

Kriteria Manager yang Baik

Kriteria Manager yang Baik

Setiap organisasi memilih Manajer proyek yang professional dalam bidang manajemen proyek agar dia dapat bertanggung jawab untuk menyelesaikan tugas atau proyek tersebut sesuai denga tujuan organisasi. Baik proyek dalam bidang pendidikan, arsitektur, telekomunikasi dan informasi teknologi  dll
Dalam hal ini kriteria menajer yang baik adalah yang memiliki dasar ilmu pengetahuan sebagai teori maupun pedoman serta kemampuan/skill dalam setiap kegiatan yang dilakukan.
Berikut ini ilmu pengetahuan yang harus dimiliki untuk menjadi manajer proyek yang baik, terdapat 9 ilmu yang harus dikuasai. Adapun ke sembilan ilmu yang dimaksud antara lain :

·         Manajemen Ruang Lingkup;
·         Manajemen Waktu;
·         Manajemen Biaya;
·         Manajemen Kualitas;
·         Manajemen Sumber Daya Manusia;
·         Manajemen Pengadaan;
·         Manajemen Komunikasi;
·         Manajemen Resiko;
·         Manajemen Integrasi.
 Sedangkan kemampuan (skill) untuk menjadi seorang manajer proyek yang baik adalah sebagai berikut :
·         Problem Solving, kemampuan manajer dalam menyelesaikan masalah secara efektif dan efisien.
·         Budgeting and Cost Skills, Kemampuan dalam hal membuat anggaran biaya proyek, analisis kelayakan investasi agar keuangan proyek dapat berjalan optimal sesuai dengan keinginan penyedia dana.
·         Schedulling and Time Management Skills, kemampuan untuk menjadwalkan proyek. Disini manajer proyek dituntut untuk dapat mengelola waktu secara baik agar proyek dapat selesai tepat waktu seperti yang diharapkan.
·         Technical Skills, Kemampuan teknis melingkupi pengetahuan dan pengalaman dalam hal proyek itu sendiri, dengan mengetahui prosedur-prosedur dan mekanisme proyek. Kemampuan teknis biasanya di dapat dari penimbaan ilmu khusus di bangku formal, misalnya Institut Manajemen Proyek, dan sebagainya.
·         Leadership Skills, Kepemimpinan menjadi salah satu peranan penting yang dimiliki oleh seorang manajer proyek.
·         Resource Management and Human Relationship Skills, Pemakaian sumber daya adalah masalah utama bagi para manajer proyek. Manajer proyek perlu memahami akibat dari kegagalan dalam mengelola sumber daya, oleh karena itu perlu kehati-hatian dalam menempatkan sumberdaya yang ada dan menjadwalkannya
·         Communication Skills, Perencanaan sebuah proyek akan menjadi tidak berguna ketika tidak ada komunikasi yang efektif antara manajer proyek dengan timnya. Setiap anggota tim harus mengetahui tanggung jawab mereka. Kadang, jadwal perencanaan yang sudah dibuat secara sempurna oleh manajer proyek tidak dijalankan oleh timnya, tim lebih memilih bekerja dengan aturan mereka sendiri. Hal ini dikarenakan sang manajer tidak memberikan penjelasan atau mempresentasikan prosedur yang diinginkan dalam menjalankan proyek.

Sumber :
-          http://id.wikipedia.org/wiki/Manajemen_proyek
-          http://nayay.wordpress.com/2010/03/08/manager-proyek/

-           http://ndtndt-bagol.blogspot.com/2012/06/kriteria-manajer-proyek-yang-baik.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar